Pengalaman Kerja

Tahun 2015 menjadi tahun yang dipenuhi banyak pengalaman baru bagi saya.
saya memutukan ke Kupang untuk mendapatkan pekerjaan, dan mencoba untuk melamar sebagai pengajar di almamater saya waktu SMA dulu. Kebetulan baru dibuka sekolah kejuruan untuk Kesehatan-Keperawatan dan Teknologi Informatika. Dan saya lulusan dari Keperawatan Umum.
Saya sudah di Kupang sebenarnya sejak Oktober 2014. Luntang-lantung tidak ada kegiatan yang pasti, saya mengajukan lamaran pekerjaan pada Desember 2014. Namun tidak ada kabar dari pihak sekolah hingga tahun depannya (Ceritanya setahun menunggu jawaban… Hahahaaa)…
Hingga pada Bulan Februari 2015 pada tanggal 04, saya berangkat ke sekolah tempat saya melamar pekerjaan. Malam sebelumnya sudah diberitahu tapi bukan dari pihak sekolah. Hadehh###
Tiba di sekolah Pukul 08.10 saya bertemu dengan direktur sekolah dan kepala SMK. Setelah berbincang tentang kurikulum (isi pelajaran), jumlah jam megajar dan lainnya, saya diajak oleh kepala sekolah menuju ruang kelas.
“Anak-anak, saya perkenalkan guru baru kalian, yang merupakan alumnus sekolah ini juga”. Kata kepala sekolah.
Setelah berkenalan singkat, karena tidak tahu apa yang harus saya sampaikan lagi kepada anak-anak (karena direktur sekolah meminta saya untuk langsung memulai mengajar, padahal saya tidak tahu apa yang harus saya ajarkan #Weewww). Saya meminta anak-anak untuk memperkenalkan diri mereka satu-persatu, alasan mereka memilih jurusan ini dan sebagainya hingga mendengar bunyi bel istirahat. (Senangnya…) Hahahaa….
Jujur, karena bukan dari latar belakang pendidikan, saya pun tidak mengerti tentang kurikulum dan teknik mengajar. Terpaksa saya harus menggunakan waktu saya lebih banyak untuk membaca tentang Peraturan Mendikbud dan PP tentang kurikulum dan sistem mengajar. Dan semuanya belajar secara otodidak.

Leave a Reply

