Jantung-Sebuah Maha Karya

Seratus ribu kali sehari, jantung manusia memompa darah tanpa henti. Dihantarkannya unsur-unsur penting kedalam tubuh dan mengangkut sampah melalui sistem peredaran darah. Ketertiban sederhana itu akan menolong jantung tetap sehat seumur hidup.

Mesin Luar Biasa

Tentu angka ini tergantung pada banyaknya pekerjaan yang dilakukan oleh jantung secara teratur. Hasil keahlian manapun tidak akan ada artinya bila dibandingkan dengannya.

Selain itu, juga terdapat pipa-pipa ribuan kilometer panjangnya untuk mengangkut cairan yang dipompakan itu. Darah berwarna merah Sepintas lalu, kelihatan warnanya agak gelap, dan bahkan kehitaman jika dimasukkan kedalam botol. Komposisi darah amat rumit. Terdapat didalamnya juga suatu komponen selular dan juga cairan.

Cairan ini menghasilkan kemajemukan yang paling mengherankan yang pernah diketahui manusia. Sel-sel ini berjuta-juta banyaknya, dan masing-masing mempunyai tugas tertentu. Pada dasarnya, cairan tersebut adalah alat pengangkut.

Tetapi, selain fungsi tersebut, produk-produk lain turut membentuk cairan tersebut. Enzym yang sangat halus dan bahan kimia penangkis serangan penyakit juga di dalamnya. Semuanya ini turut berperan manjaga tubuh manusia agar tetap segar dan sehat, dan bebas dari serangan penyakit, dan selalu waspada terhadap serangan musuh dari luar tubuh yang bermaksud merusak keutuhannya.

Sistem ini disebut dalam bahasa klinisnya sebagai sistem kardiovaskular tubuh manusia.

Banyak orang yang menganggapnya sebagai satu bagian yang terpenting dari tubuh yang begitu rumit, karena tanpa fungsinya yang normal, terus-menerus dan memuaskan, maka seluruh sistem lainnya itu tidak akan berguna.

Pompa tersebut harus tetap memompa. Cairan itu harus tetap mengalir. Sekiranya dan bilamana berhenti, maka matilah seluruhnya.

Jantung besarnya seperti kepalan tangan orang dewasa, terletak di rongga dada, yang disebut rongga toraks, disebelah kiri garis tengah rongga dada.

Terdiri dari otot-otot kuat berupa jaringan, yangmasing-masing serat mempunyai bentuk menarik, yang agak berbeda dari bentuk serat otot-otot biasa pada bagian tubuh yang lain. Masing-masing teranyam dengan rumitnya bersama serat-serat otot-otot disampingnya sehingga seluruhnya menjadi satu bentuk yang saling bersambung.

Pada embrio, jantung mulai berdenyut pada usia empat minggu. Jantung yang sehat dapat menigkatkan frekuansi dan kekuatan kontraksinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh mendapatkan lebih banyak oksigen.

Fungsi utama jantung adalah memompa darah melalui arteri, kapiler dan vena. Jantung adalah pompa yang mempertahankan darah bersirkulasi sebagaimana mestinya.

Jantung dibungkus oleh membran perikardium, yang terdiri dari tiga lapisan:

  • Prikardium fibrosa; kantung jaringan ikat fibrosa longgar yang meluas ke bawah melewati diafragma, dan keatas melewati pangkal pembuluh darah besar yang masuk dan keluar jantung.
  • Perikardium Parietalis; terletak dibawah perikardium fibrosa. Merupakan membran serosa.
  • Perikardium viseralis; Lapisan di permukaan otot jantung, disebut juga epkardium, membran serosa lain.

Diantara membran prikardium parietalis dan viseralis, terdapat cairan serosa untuk mencegah gesekan saat jantung berdenyut.

Dinding dari keempat ruang jantung tersusun atas otot-otot jantung yang disebut miokardium. Ruang ini dilapisi oleh endokardium, selapis epitel gepeng yang melapisi katub jantung dan melanjut ke pembuluh darah sebagai pembungkusnya. Karakteristik khusus endokardium adalah dari kehalusannya. Jaringan  yang sangat halus ini mencegah pembekuan darah yang tidak normal. Karena pembekuan akan dimulai dari kontak darah dengan permukaan yang kasar.

Ruang atas jantung adalah atria kanan daan atria kiri (Sebutan tunggal adalah atrium), yang memiliki dinding penghubung tipis dan dipisahkan oleh sekat miokardium yang disebut septum interatrial.

Dan ruang bawah jantung adalah ventrikel kanan dan ventrikel kiri yang berdinding tebal dan dipisahkan oleh septum interventrikular.

Vena yang mengembalikan darah dari tubuh ke atrium kanan adalah:

– Vena Kava Superior: membawa darah dari tubuh bagian atas

– Vena Kava Inferior: membawa darah dari tubuh bagian bawah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s