Sifat Manusia

Manusia adalah makhluk luar biasa yang diciptakan oleh Allah (Kejadian 1:26-29):

(26) Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

.(27) Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

.(28) Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

 

Manusia diciptakan berdasarkan gambar dan rupa Allah. Apa arti gambar dan rupa Allah?

Manusia diciptakan berdasarkan karakter dan sifat Allah, yaitu “Kasih”. Namun, saat manusia jatuh kedalam dosa, Sifat Allah itu mulai pudar. (Kejadian 3:22-24):

(22) Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

(23) Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.

(24) Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyala beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

 

Manusia juga diciptakan berbeda dengan binatang, karena Allah yang membentuk manusia sendiri dari debu tanah, menggunakan jari tangannya. Allah juga memberikan kepada manusia akalbudi.

Sebagai manusia yang berakal budi dan memeiliki gambar Allah, adalah menjadi tugas dan tanggungjawab kita untuk menjaga tubuh kita dan menggunakan tubuh kita sesuai kehendak Allah. Karena Dia (Allah) tahu apa yang terbaik bagi kita, karena Dia sendiri adalah perancang kita.

Apa yang kita lakukan, pikirkan, katakan, makan, minum, cobalah dan harus kita coba untuk melakukannya sesuai dengan kehendak Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s