New Starts

“Kesehatan adalah harta yang termahal di dunia, melebihi emas dan perak”. Mungkin pernyataan tersebut sudah sering kita dengarkan. Tapi, yang menjadi pertanyaannya adalah, Bagaimana cranya untuk mendapatkan kesehatan yang optimal itu?

Nah, disini kita akan belajar tentang rumus kesehatan, yaitu NEW STARTS. Apa itu?

N= Nutrition (Nutrisi)

E= Exercise (Olahraga)

W= Water (Air)

S= Sunshine (Sinar matahari)

T= Temperance (Pertarakan)

A= Air (Udara)

R= Rest (Istirahat)

T= Trust in God (Percaya Kepada Tuhan)

S= Social Support (Dukungan Sosial)

Mari kita bahas poin-poin dalam rumus diatas:

1. Nutrition (Nutrisi)

Nutrisi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Nutrisi didapatkan dari makanan dan cairan yang selanjutnya diasimilasi oleh tubuh.

Banyak orang berpikir bahwa untuk mendapatkan nutrisi yang baik, harus dengan memakan makanan yang mahal dan enak. Itu adalah pemikiran yang keliru. Karena nutrisi yang baik, bukanlah tergantung pada harga dan enaknya di lidah. Nutrisi yang baik adalah nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Tubuh membutuhkan sejumlah Vit, protein dan mineral. Sumber-sumber nutrisi:

Protein
Protein penting bagi pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh, khususnya bagi anak-anak dalam tahap pertumbuhan. Beberapa sumber protein berkualitas tinggi adalah: ayam, ikan, daging, domba, kalkun, dan hati. Beberapa sumber protein nabati adalah: kelompok kacang, (misalnya kedelai) dan biji-bijian.

Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber utama energi kepada tubuh. Sumber karbohidrat adalah seperti yang terdapat di: Padi atau nasi, roti, sereal, jagung, sagu, umbi. (seperti yang banyak di konsumsi di Indonesia).

Vitamin & Mineral
Vitamin dan mineral sangat diperlukan supaya tubuh dapat berfungsi dan bertumbuh secara normal. Buah-buahan serta sayuran adalah sumber yang sangat baik dari vitamin dan mineral. Buah dan sayur yang baik, adalah yang segar dan tidak atau kurang diberi pestisida.

Sumber-sumber vitamin:

Vitamin C: Kita bisa mandapatkan sumber vitamin C dari jeruk, tomat, nenas dan berbagai sayuran segar. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi. Mereka yang kekurangan vitamin C bisa menderita kelemahan tulang, anemia, dan gangguan kesehatan lainnya.

Vitamin D: Melalui sinar matahari yang kita dapatkan, dapat membantu tubuh kita untuk memproduksi Vitamin D sendiri. Vitamin D sangat penting karena membantu kalsium masuk ke tulang. Vitamin D dapat kita peroleh dari telur, ikan dan hati.

Vitamin A: Jenis vitamin ini membantu untuk mempertajam penglihatan dan berperan dalam proses kerja sel tulang. Penderita kekurangan vitamin ini akan mengalami gangguan penglihatan dan pertumbuhan, dan rentan terhadap infeksi. Sumber vitamin A antara lain: telur, keju, dan hati.

Vitamin B-kompleks: Semua vitamin B membantu dalam memproduksi energi, dan membantu terbentuknya sel-sel otak bayi.

Vitamin B1 (dari: daging, susu, kacang hijau, beras) dan niasin (salah satu anggota B-kompleks) membantu sel tubuh untuk menghasilkan energi.

Vitamin B2 berasal dari: sayur-sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur, susu.

Vitamin B3 bisa didapat dari: Jagung, kacang lentil, kedelai, biji bunga matahari.

Vitamin B5 bersumber dari:  daging, susu, sayur mayur hijau, ginjal, hati, kacang hijau.

Vitamin B9 dapat membantu dalam menstabilkan mood, mengurangi depresi, memperbaiki  jam biologis dengan mengatur selera makan, dan mengontrol rasa kantuk. Bersumber dari: sayur-sayuran.

Vitamin B6 (di dapat dari: jagung, beras, hati, ikan), membantu tubuh melawan penyakit dan infeksi.

Vitamin B12 (Didapat dari: telur, hati, ikan), digunakan dalam pembentukan sel darah merah. Kecukupan vitamin B-kompleks membantu dalam mencegah kelambatan pertumbuhan, anemia, gangguan penglihatan, kerusakan syaraf, dan gangguan jantung. Makanan seperti misalnya roti, padi-padian, dan hati banyak mengandung vitamin B-kompleks. Setiap anggota vitamin B-kompleks bersumber dari makanan tertentu misalnya: B1 dari kacang dan daging; Vitamin B12 dari telur, ikan dan susu.

Zat besi: mempunyai peran vital bagi tubuh kita. Salah satu fungsi utamanya adalah transportasi utama mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Makanan yang mengandung Vitamin A, umumnya juga mengandung zat besi.

Seng: Fungsinya adalah antara lain dalam membantu pertahanan tubuh (imun). Banyak terdapat dalam makanan laut, hati dan daging.

Kalsium: Fungsi kalsium bagi tubuh antara lain, mengurangi resiko osteoporosis, terlebih saat wanita memasuki periode menopause. Kalsium bisa didapat dari sayur-sayuran hijau, buah, daging dan telur.

2. Exercise (Olahraga)

Dewasa ini, banyak orang yang tertarik dengan olahraga yang memakan biaya. Itu tidaklah salah. Memilih olahraga yang terbaik dan mudah adalah salah satu yang terpenting dalam memperoleh kesehatan yang baik, seperti: Jalan santai, lari, bersepeda dan olahraga lainnya.

Dalam berolah raga, hal yang kita perlu perhatikan adalah waktu dan lamanya. Dalam seminggu, berolahraga sebanyak 3-4 kali dalam 45 menit sudah cukup.

3. Water (Air)

Berbagai jenis larutan elektrolit dan minuman dingin lainnya kini telah menjadi minuman keseharian kita.

Namun, air yang baik bagi tubuh adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, dan bersih.

Coba kita bayangkan, bila kita meminum salah satu minuman yang berwarna, coba perhatikan urin (air seni) kita. Pasti yang dikeluarkan tubuh adalah yang tidak berwarna. Pertanyaannya adalah “Dimanakah warna air itu?”

Air berwarna yang kita minum, disaring oleh mesin penyaring canggih (Ginjal), sehingga tidak menutup kemungkinan mengendapnya warna dan zat kimia didalamnya. Dan mesin itulah yang lama-kelamaan, akan rusak akibat ulah kita sendiri.

4. Sunshine (Sinar matahari)

Banyak yang menyepelehkan salah satu kebutuhan penting mereka. Bahkan takut untuk terkena sinar matahari pagi, sehingga membutuhkan payung.

Sinar mataharilah yang memberikan kehidupan bagi makhluk hidup. Coba bayangkan, bil tidak ada sinar matahari. Coba letakkan tanaman ditempat yang tidak terkena cahaya matahari sama sekali. Pertumbuhannya cenderung tinggi dan kecil, loyo, dan akhirnya mati.

Sinar matahari membantu tubuh dalam memproduksi Vit D yang penting bagi tulang.

Sinar matahari yang baik adalah sinar matahari pagi (Jam 7-9) dan sore (Jam 3-5). Terpajannya kulit dengan sinar matahari langsung yang panas, juga dapat menimbulkan luka bakar bahkan kanker kulit.

5. Temperance (Pertarakan)

Segala sesuatu yang baik tapi juga berlebihan, adalah juga tidak baik. Makanan bergizi yang berlebihan, dapat menyebabkan obesitas, penyakit kardiovaskular (Jantung) bahkan kematian.

Bekerja, bermain, belajar, perpikir, berpakaian, juga butuh pertarakan. Tubuh adalah mesin yang butuh istirahat, untuk memulihkan energi dan keefektifitasannya.

6. Air (Udara)

Udara yang baik, akan memberikan kesegaran bagi tubuh. Tubuh membutuhkan cukup O2 yang penting dalam perbaikan sel-sel yang rusak.

Udara yang kotor, akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh.

7. Rest (Istirahat)

Tubuh kita adalah mesin yang juga butuh istirahat yang cukup dalam memberikan kesempatan tubuh mengembalikan energi yang telah terpakai dan menggantikan sel-sel yang usang.

Coba bayang kan, sebuah mesin yang kita nyalakan terus-menerus, pasti dia akan cepat rusak. Begitu juga yang terjadi dengan tubuh kita.

8. Trust in God (Percaya Kepada Tuhan)

Tak dapat dipungkiri lagi, manusia dalam batinnya mengakui adanya kekuatan lain yang lebih kuat diluar dirinya.

Orang yang mengakui adanya Tuhan, cenderung akan merasakan kedamaian dalam dirinya saat berserah pada Tuhan,  saat banyak masalah yang muncul.

Bersyukur dan berserah pada Tuhan merupakan salah satu obat yang dapat menurunkan depresi.

9. Social Support (Dukungan Sosial)

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia membutuhkan pertolongan orang lain. Baik orang kaya, miskin, dan berbagai profesi lainnya.

Manusia membutuhkan adanya interaksi dengan orang lain, guna menyalurkan kebaikan, hobi, talenta dan kelebihan lain yang dia miliki.

Manusia yang sendiri dalam hidupnya dan tertutup dengan lingkungannya cenderung akan mengalami depresi 3x lipat dan mudah putus asa.

Dengan mempelajari rumus kesehatan ini, alangkah lebih baiknya jika kita menerapkannya, untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik. Karena, KESEHATAN LEBIH BERHARGA DARIPADA EMAS DAN PERAK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s